Perbedaan Air Mineral, Alkali, dan Demineral

Perbedaan Air Mineral, Alkali, dan Demineral

Perbedaan Air Mineral, Alkali, dan Demineral

Perbedaan Air Mineral, Alkali, dan Demineral

Perbedaan Air Mineral, Alkali, dan Demineral. Air mineral berasal dari mata air bawah tanah dan tidak sama seperti air minum biasa. Selain itu, air mineral tidak melalui proses kimia sehingga kaya akan mineral, yang mengandung beberapa zat seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Air mineral biasanya memiliki kandungan pH antara 6 – 8.5

Menurut Peraturan Menteri Perindustrian RI, air mineral alami adalah air minum yang kita peroleh langsung dari sumber air alami atau bor dari sumur dalam. Proses pengolahannya juga harus terkendali, terhindar dari pencemaran fisik, kimiawi, dan mikrobiologi.

Beberapa kebaikan dari mineral, yakni:
– Menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit
– Mendukung kesehatan tulang
– Membantu memperbaiki sistem imunitas
– Memperlancar sirkulasi dara.
– Serta Membantu mengatasi sembelit karena magnesium bersifat mengikat air sehingga kotoran lebih lunak

Menurut WHO (World Health Organization), air demineral adalah air minum yang terproduksi secara artifisial (buatan) dan telah melalui proses distilasi dan deionisasi.

Pernyataan ini senada dengan yang terdapat pada Peraturan Kemenperin, yaitu air demineral adalah air minum dalam kemasan yang kita peroleh melalui proses pemurnian secara distilasi, deionisasi, dan reverse osmosis (RO). B

Oleh karena itu, biasanya air demineral memiliki pH antara 5 – 7.5.
Dengan kata lain, perbedaan air mineral dan demineral yaitu air demineral tidak mengandung mineral. Sejumlah senyawa pada air demineral hilang akibat proses pendidihan dan penguapan. Menurut incanada.net/wp-admin

Air demineral juga dapat memberi manfaat seperti:
– Mengurangi risiko beberapa jenis penyakit, karena proses distilasi sehingga semua kuman mati.
– Mengurangi risiko masuknya senyawa yang membahayakan tubuh.
– Beberapa mengatakan bahwa air demineral baik kita konsumsi saat sedang sakit, tapi ini belum terbukti secara ilmiah.

Selanjutnya, melansir dari laman Healthline, masih kita butuhkan penelitian ilmiah lain dengan skala lebih besar yang mengulas manfaat dan keefektifan air alkali untuk kesehatan. Namun, selain itu air alkali mereka percaya dapat memberikan manfaat seperti:
– Memiliki sifat anti-aging
– Mendukung daya tahan tubuh
– Membantu menurunkan berat badan

Setelah mengetahui lebih dalam tentang air mineral dan perbedaannya dengan air demineral dan air alkali, kita juga perlu memperhatikan jenis air mineral yang kita pilih. Seperti sudah tersampaikan, kita perlu ingat bahwa tidak semua air mineral sama. Untuk menjaga kesehatan perlu memulai dari awalnya.

Kualitas air mineral yang baik bergantung pada sumber air dan proses pengolahannya. Air mineral yang baik berasal dari sumber pegunungan alami, yang ekosistem dalam sekitar sumber airnya terlindungi, sehingga kealamian mineralnya terjaga dan bermanfaat untuk melindungi kesehatan kita.

Comments are closed.